Buku Tutorial SIG Dasar

A picture is worth a thousand words, suatu ungkapan populer yang ingin menyatakan bagaimana efisiennya jika sebuah informasi disampaikan melalui media grafis. Tidak bisa dipungkiri bahwa bentuk penyajian informasi kebumian secara visual akan jauh lebih informatif dari pada bentuk lain. Informasi posisi Kota Martapura akan lebih baik jika disajikan ke dalam bentuk peta, dari pada sekedar dengan tulisan atau kata-kata, bahwa “Kota Martapura terletak kira-kira 40 kilometer di sebelah Timur Banjarmasin”.

Namun demikian, kualitas suatu penyajian informasi kebumian sangat ditentukan oleh kemampuan personal penyaji di dalam menyiapkan dan memvisualisasikan informasi tersebut. Informasi kebumian yang disajikan tanpa dasar-dasar teoritis dan teknis yang baik justru akan semakin mengaburkan informasi, bukan memperjelasnya sebagaimana tujuan visualisasi informasi tersebut. Oleh karena itu, seorang tenaga ahli penyaji informasi kebumian dituntut untuk memiliki kemampuan teknis yang bagus di dalam mengoperasikan segala perangkat penyaji informasi kebumian tersebut.

Di era pengelolaan informasi kebumian dalam format digital saat ini, perangkat utama visualisasi informasi kebumian dikenal dengan sebutan Sistem Informasi Geografis (SIG). Penguasaan terhadap teknologi SIG ini, akan menjadi salah satu faktor penentu baik atau tidaknya wujud visualisasi informasi kebumian. Sehingga seorang penyaji informasi kebumian, secara langsung dituntut untuk memiliki pengetahuan teoritis dan kemampuan teknis dalam menjalankan segala perangkat operasional SIG. Dalam rangka menyiapkan tenaga-tenaga ahli yang memiliki kemampuan operasional sebagai penyaji informasi kebumian, dengan segala keterbatasan yang ada penyusun mencoba untuk menyajikan sebuah buku panduan aplikasi SIG. Yaitu Tutorial Aplikasi SIG Dasar: Membangun Basisdata Spasial Menggunakan ArcGIS 10.3. Dipilihnya software ArcGIS 10.3 dikarenakan software ini memiliki beberapa kelebihan dibanding software SIG lainnya. Di antaranya mampu mengelola dan menyajikan informasi spasial dengan kualitas yang lebih baik. Di samping itu, pada saat buku ini dibuat, ArcGIS 10.3 merupakan versi mutakhir dari generasi software ArcGIS.

Buku dapat dibeli langsung di Laboratorium Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis, Fakultas Kehutanan, Universitas Lambung Mangkurat. Kampus Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Lantai 1.

Download sampel bab di sini

Untuk data spasial yang dijadikan sebagai bahan latihan di dalam buku silahkan download di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *