Global Navigation Satellite System (GNSS)

Mungkin istilah GNSS tidak begitu populer bagi masyarakat umum, meskipun secara tidak sadar sebagian orang sudah menggunakannya. Jika kami sebut GPS, baru mungkin Anda akan paham. Lalu apa hubungannya antara GNSS dan GPS?

Istilah GNSS muncul pada tahun 2006. GNSS sebenarnya merupakan istilah yang lebih banyak bernuansa politis ketimbang teknologi. Istilah GNSS dibuat untuk menjaga kemandirian negara ketiga (semua negara di luar Amerika dan Sekutu) sekaligus untuk mengcounter dominasi Amerika Serikat dalam teknologi navigasi. GNSS merupakan nama generik dari sistem penentu posisi global berbasis satelit. Jadi setiap sistem penentu posisi berbasis satelit disebut GNSS. Dengan kata lain, GPS yang merupakan milik Departemen Pertahanan AS adalah salah satu dari GNSS. Di luar GPS, masih ada GNSS-GNSS lainnya, yaitu GLONASS (Rusia), Galileo (Uni Eropa), BeiDou (Tiongkok), QZSS (Jepang), dan IRNSS (India).

Hanya karena GPS ada lebih dahulu dari GNSS lainnya, maka GPS sering digunakan sebagai kata ganti untuk GNSS. Hal ini mirip seperti Urang Banjar yang menggunakan kata Honda sebagai kata ganti untuk Sepeda Motor. Padahal Honda adalah salah satu merk Sepeda Motor, hanya kebetulan ia mungkin merk Sepeda Motor pertama yang masuk Kalsel. Hal yang sama juga dialami oleh Aqua yang dijadikan sebagai kata ganti untuk air mineral, Pampers untuk popok bayi, Odol untuk pasta gigi, dan sebagainya. Padahal semuanya adalah nama-nama merk dari suatu produk.

Lalu apakah kita tidak diperbolehkan menggunakan kata GPS? Penggunaan istilah GPS tidak sepenuhnya salah, jika GNSS yang kita gunakan memang benar-benar GPS. Tetapi jika kita menggunakan GNSS lain seperti Galileo misalnya, tentu saja akan terdengar lucu jika menggunakan istilah GPS. Itu seperti Anda datang menggunakan sepeda motor Suzuki, kemudian ngomong, “Tadi saya berangkat ke sini pakai Honda”.

Khusus di dalam karya ilmiah, skripsi, tesis, disertasi, makalah, jurnal, dan sebagainya. Direkomendasikan menggunakan terminologi umum GNSS dari pada GPS. Jika salah satu alat survey penelitian Anda adalah kendaraan roda 4, apakah di dalam alat dan bahan pada laporan penelitian akan Anda tulis “mobil” atau “Toyota Avanza”?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *